Tips Memilih Kebaya

kebaya-tradisional
gambar:www.google.com

Kebaya memang memiliki nilai budaya tersendiri untuk bangsa indonesia, Paduannya yang saat ini menjadi lebih moderen membuat banyak orang tak enggan untuk mengenakannya. Kebaya saat ini juga sering digunakan untuk berbagai acara formal maupun non formal. Kondisi inilah yang menjanjikan prospek bagus untuk para pembisnis kebaya.
Sejarah Singkat Kebaya
Kebaya adalah pakaian tradisional yang dipakai wanita indonesia dan malaysia yang diciptakan dati bahan tipis dan dikenakan dengan sarung sebagai bawahannya. Kebaya berasal dari Tiongkok, ratusan tahun yang lalu. Lalu menyebar ke Malaka,Jawa,Bali,Sumatera,dan Sulawesi. Setelah akulturasi yang berlangsung ratusan tahun, pakaian itu diterima di budaya dan norma setempat

Dahulu silam kebaya adalah pakaian yang hanya dikenakan keluarga kerajaan. Selama masa kendali Belanda di pulau itu, wanita-wanita Eropa mulai mengenakan kebaya sebagai pakaian resmi. Selama masa ini, kebaya diubah dari hanya menggunakan barang tenunan mori menggunakan sutera dengan sulaman warna-warni.

Terpisah dari kebaya tradisional, perancang mode sedang mencari cara memodifikasi desain dan membuat kebaya menjadi pakaian yang lebih modern. Kebaya yang dimodifikasi itu malah bisa dikenakan dengan jins atau rok.(wikipedia)
Abad ini kebaya telah mengalami perubahan yang lebih modis disesuaikan dengan perubahan jaman.

Berikut tips memilih kebaya yang saya kutip dari situs dan browsing-browsing di internet, adalah sebagai berikut :

kebaya-moderen1
gambar:www.google.com


Kebaya Encim.
Untuk Anda yang tomboy dan berkeribadian simple,Kebaya Modern encim bisa menjadi pilihan tepat. Anda dapat tampil manis tanpa menonjolkan kesan terlalu glamour. Bila berminat membeli bahan, perhatikan bagian kancing bahannya,biasanya sudah memiliki bordir. Bahan yang bagus terbuat dari chiffon.

Kebaya Off-Shoulder.
Bila Anda ingin Kebaya Tradisional brokat dengan sentuhan modern, kenapa tidak pilih dengan bentuk outstanding seperti ini untuk hal yang ribet sebaiknya anda mendatangi Penjahit Kebaya. Bagian pundak Anda yang indah akan terlihat jelas. Pinggiran kebaya melingkar jauh di bawah leher dan melebar sampai hampir ke pundak. Akan terlihat apik dengan tambahan aksen kalung di leher Anda.

Kebaya kerah Shanghai.
Cocok untuk Anda yang bertubuh kurus. Akan lebih baik dengan detail payet di dada, karena penciptaan ilusinya akan membuat Anda lebih berisi.

Kebaya Modern advonturis style.
Belilah bahan dan lakukan eksperimen sedikit dengan modelnya. Jahit kebaya mencontek gaya Kebaya Tradisional Bali. Tentunya lengkap dengan cirri khasnya, yaitu dengan menambahkan obi pada bagian pinggang. Tampil sedikit ‘genit’ dengan memadukan warna korset satin yang ‘berani’ untuk camisole-nya bisa Anda aplikasikan juga.

Tips Panduan Kebaya Cantik
**Kain batik sutra dan kain songket bisa menjadi pilihan untuk paduan kebaya untuk lamaran , bila ingin tampil tradisional.
**Modifikasi kain songket untuk bawahan kebaya Anda menjadi rok semata kaki akan lebih praktis dan memberi nuansa modern.
**Tambahan detail bordir pada ujung lengan dan pinggiran kancing kebaya adalah wajib hukumnya, agar kebaya anda tidak tampil plain.
 Untuk pemilihan kebaya juga harus disesuaikan dengan anggaran biaya, dati mulai membeli bahan, menjahit ke tukang jahit, sampai mempercatik aksesoris kebaya  denga tambahan lainnya
Tidak perlu harus memilih brokat yang berpayet untuk sebuah acara. Alternatif lain yang bisa anda pilih adalah brokat jepang atau prancis yang sangat cantik. Atau anda bisa memilih model kebaya encim dengan pilihan bahan yang khusus dan memiliki ciri-ciri pada bagian kancing sudah dilapisi bahan dan bordir tersendiri. Biasanya model kebaya encim terbuat dari bahan chiffon.
Bila anda seorang perempuan yang feminin maka anda bisa memilih model kebaya yang sedang trendy namun tetap berpegangan dengan garis yang simpel dan sederhana. Seperti fesyen kebaya off shoulder yang masih digemari tapi jangan anda kenakan bila anda bertubuh kurus, hal bentuk tubuh ini juga perlu dipertimbangkan.
Nah Bagaimana Tips memilih kebaya diatas, semoga bermanfaat untuk anda. Pesan saya jangan malu mengenakan kebaya untuk acara-acara tetentu, karena saat ini kebaya sudah dirancang se-modern mungkin. Jadi untuk anda yang ingin modis dan trendy tidak perlu takut  tampil dengan mengenakan kebaya rancangan perancang ternama, ataupun anda juga bisa merancangnya sendiri.

sumber : http://sayhitohenny.blogdetik.com/2011/06/30/tips-memilih-kebaya/

    Hubungi Kami

    M3 : 085 625 09 500
    M3 : 085 712 95 444 0
    XL : 081 9045 13 444
    Smart : 088 21 65 727 54

    e-m@il : sales[a]solo-batik.net

    Pin BB : Request

    Showroom (tahap Renovasi)

    Jln. Adisumarmo Gang Banyuanyar Utara III No. 1

    Belakang Alfamart RT01/RW06

    Solo Jateng

    Via Pengiriman

    Via Pengiriman

    Via Transfer

    Via Transfer